Perkembangan bahasa merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Hal ini mendukung kemampuan anak untuk berkomunikasi dan juga mendukung kemampuan anak untuk mengungkapkan dan memahami perasaan, berpikir dan belajar, menyelesaikan masalah serta mengembangkan dan memelihara hubungan. Setelah melewati fase dalam kandungan, perkembangan bahasa anak usia dini terus berkembang, sehingga Mom perlu mengetahui beberapa hal yang terkait dengan hal tersebut.

Tahapan Perkembangan Bahasa

Hal ini digunakan sebagai indikator sejauh mana perkembangan bahasa pada si Kecil dicapai. Melalui ini Mom dapat mendeteksi keterlambatan ataupun kelainan yang mempengaruhi kemampuan bahasa si Kecil. Berikut adalah beberapa hal penting yang mungkin dicapai dalam perkembangan bahasa anak usia dini mulai dari usia tiga bulan.

  1. Usia 3-12 bulan

Pada usia tiga bulan, kemungkinan besar anak akan bersuara, tersenyum, dan tertawa. Saat mereka tumbuh, anak akan mulai bermain dengan suara dan berkomunikasi dengan gerakan seperti melambai dan menunjuk. Pada sekitar 4-6 bulan, anak mungkin akan mulai mengoceh. Kata-kata pertama dengan makna sering dimulai sekitar 12 bulan atau lebih.

  1. Usia 12-18 bulan

Pada usia ini, anak-anak sering mengucapkan kata-kata pertama mereka dengan penuh makna. Dalam beberapa bulan ke depan, perbendaharaan kata anak akan bertambah. Mereka juga dapat mengikuti instruksi sederhana seperti ‘Duduk’.

perkembangan bahasa anak usia dini
  1. Usia 18 bulan hingga 2 tahun

Sebagian besar anak akan mulai menggabungkan dua kata menjadi ‘kalimat’ pendek. 

  1. Usia 2-3 tahun

Anak kemungkinan besar berbicara dalam kalimat yang terdiri dari 3-4 kata dan semakin baik dalam mengucapkan kata-kata dengan benar. 

  1. Usia 3-5 tahun

Anak dapat melakukan percakapan yang lebih lama dan lebih kompleks tentang berbagai topik dan kosakata baru.

Komunikasi untuk Mendukung Perkembangan Bahasa

Cara terbaik untuk mendorong perkembangan bahasa anak usia dini adalah dengan banyak berbicara bersama tentang hal-hal yang menarik minat anak. Mom dapat mengetahuinya dari apa yang ditunjukkan si Kecil saat ia melambai, mengoceh atau menggunakan kata-kata.

Sejak lahir, si Kecil telah memulai tahap perkembangan bahasanya, untuk itu berbicaralah sesering mungkin dengannya. Saat anak mulai berbisik, melambai, dan menunjuk, Mam dapat menanggapi upaya anak untuk berkomunikasi. Ketika Anda memperhatikan dan menanggapi anak saat ia mulai belajar berbicara dapat mendorong mereka untuk terus berkomunikasi dan mengembangkan keterampilan bahasa mereka.

Untuk selalu mendukung tumbuh kembang si Kecil, Mom juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan berbagai asupan bergizi. Bila perlu, berikan si Kecil S-26 Promise dengan Nutrissentials. Kandungan protein, omega-3, omega-6 serta berbagai vitamin dan mineral di dalamnya mendukung pertumbuhan fisik maupun mental anak usia 3-12 tahun.

Anda mungkin juga menyukai: