Anjing yang sehat biasanya selalu aktif bermain dan beraktivitas. Sebaliknya, anjing yang sedang sakit atau mengalami gangguan kesehatan tertentu cenderung diam dan tidak banyak melakukan gerakan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara merawat anjing yang baik dan benar agar tetap sehat dan bugar.

Berikut ini kami sudah merangkum berbagai cara terbaik untuk membantu anjing Anda agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

1.  Mengatur Jadwal Kunjungan Dokter

Pastikan Anda selalu membawa anjing untuk diperiksa ke dokter. Pasalnya anjing memerlukan kunjungan rutin untuk memastikan kesehatannya. Anda bisa memeriksa kesehatan tahunan maupun bulanan.

2.  Beri Vaksinasi

Jangan lupa juga untuk memberi vaksin. Pasalnya vaksin bisa menjadi pelindung atau antibodi alami untuk hewan kesayangan Anda tersebut. Vaksin biasanya diberikan pada usia tiga bulan.

3.  Memenuhi Asupan Makan Bernutrisi

Jangan lupa juga untuk memberikan asupan makanan bernutrisi untuk kucing Anda. Makanan bernutrisi penting untuk menjaga kesehatan anjing Anda. Salah satu makanan terbaik dan bernutrisi untuk kucing yaitu Royal Canin yang sudah diperkaya dengan nutrisi penting.

4.  Mengajak Anjing Beraktivitas atau Bermain

Jangan biarkan hewan peliharan kesayangan Anda tersebut berdiam-diam diri di kandang saja. Ajaklah mereka bermain ke taman atau berkeliling. Aktivitas ini bagus untuk kesehatan anjing dan juga menjaga mood hewan peliharaan Anda.

5.  Menjaga Kebersihan Anjing

Kebersihan juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, menjaga kebersihan juga sama halnya dengan menjaga kesehatan anjing itu sendiri. Adapun caranya yaitu dengan rutin memandikannya dan juga menjaga kebersihan kandangnya.

6.  Menghindari Kutu

Jangan lupa juga untuk mencegah kutu yang sangat mengganggu kesehatannya. Kutu akan berpengaruh pada kesehatan kulit maupun bulu hewan peliharaan Anda tersebut. Kutu juga dapat mengakibatkan gatal dan menjadi sumber cacing pita dan anemia. Berikan obat bulanan khusus untuk mencegahnya. Selain itu, jauhkan juga dari tempat yang lembab.

Itulah beberapa cara merawat anjing yang perlu Anda ketahui dan Anda perhatikan. Dengan cara-cara di atas, hewan peliharaan Anda tersebut tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga menyukai: