Batuk merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Namun, tahukah bunda, bahwa beberapa jenis batuk ternyata bisa disembuhkan secara alami, lho. Nah, di artikel ini, kami akan coba membahas bagaimana cara menyembuhkan batuk pada anak secara alami.

Cara yang akan kami bagikan di sini terbukti aman. Bahkan direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Ingin tahu caranya? Berikut kami sudah merangkum cara-cara menyembuhkan batuk secara alami untuk anak di bawah ini:

1.  Menghirup Udara dari Uap Air

Cara pertama ini sudah sering dilakukan oleh orang-orang dewasa. Bunda juga bisa mencobanya untuk anak-anak juga karena terbukti aman. Cara ini juga bebas dari obat-obatan, jadi sangat minim efek samping.

Silahkan bunda gunakan uap air hangat untuk melancarkan aliran pernafasan si kecil yang sedang tersumbat oleh lendir. Caranya adalah dengan mengisi mangkuk kecil dengan air hangat.

cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak

Jangan lupa juga untuk memperhatikan suhu airnya agar tidak terlalu panas. Sesuaikan suhunya dengan kenyamanan si kecil. Selain itu, jangan lupa untuk menutup mangkuk berisi uap air tersebut menggunakan handuk. Silahkan lakukan selama 15 menit saja.

2.  Mengonsumsi Buah Nanas

Nanas adalah jenis buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting yang bagus untuk tubuh. Kandungan pada nanas juga dipercaya dapat mengatasi batuk ringan pada anak-anak.

Khasiatnya yang bagus untuk batuk ini tidak lepas dari kandungan bromelin. Kandungan ini yaitu senyawa yang memiliki fungsi untuk mengencerkan lendir yang ada pada saluran pernafasan, seperti tenggorokan anak.

Bunda juga bisa mengolahnya ke dalam jenis jus. Atau juga bisa langsung dimakan. Bagi yang ingin menyajikannya langsung, silahkan bunda potong kecil-kecil agar nyaman dikonsumsi oleh si kecil.

3.  Menggunakan Perasan Air Lemon

Lemon adalah jenis buah yang bagus untuk kesehatan. Lemon kaya akan vitamin C. Buah lemon juga bagus untuk meredakan batuk dan juga mengatasi gatal pada tenggorokan. Bunda bisa membuatnya sebagai perasan lemon yang dicampur dengan air hangat.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Bunda tinggal memerasnya saja, lalu campurkan dengan air hangat. Bunda bisa memasukkan madu ke dalamnya. Namun pastikan madu yang digunakannya asli.

Madu memiliki rasa manis yang akan disukai oleh anak-anak. Cocok untuk si kecil yang tidak suka rasa minuman yang terlalu asam.

4.  Kumur-Kumur dengan Air Garam

Khasiat berkumur dengan air garam sudah lama diketahui. Bahkan, bangsa Romawi kuno sering melakukannya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, ternyata berkumur dengan air garam juga bagus untuk meredakan batuk.

Air garam dapat membunuh semua bakteri dan kuman yang ada pada mulut. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah. Bunda hanya perlu memasukkan garam setengah sendok ke dalam segelas air. Aduk hingga garamnya larut, lalu jadikan sebagai obat kumur.

Namun, pastikan si kecil mau berkumur hingga menyentuh tenggorokannya. Pandu si kecil agar air garam tersebut bisa menyentuh tenggorokan. Tujuannya agar kuman-kuman pada tenggorokan bisa hilang. Dengan begitu, batuk yang disertai gatal pun akan cepat reda.

Kesimpulan

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi batuk. Cara alami merupakan salah satunya. Melalui cara-cara di atas, bunda bisa mengatasi batuk si kecil secara mudah dan juga cepat. Selain itu, cara-cara yang kami sudah bagikan di atas tidak menimbulkan efek samping.

Demikian berbagai cara menyembuhkan batuk pada anak-anak. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya. Jika batuk masih berkelanjutan, silahkan kunjungi dokter terdekat ya, bun.

Anda mungkin juga menyukai: