Power steering adalah salah satu komponen yang terdapat dalam sistem kemudi mobil, yang mana berfungsi untuk meringankan beban kendali setir yang terjadi saat mobil sedang berjalan. Dengan begitu, adanya komponen yang satu ini di dalam mobil, bisa mempermudah pengendalian setir karena akan terasa lebih ringan saat dalam kendali setir mobil. Untuk itu mengingat peran penting yang dimiliki oleh power steering ini, maka wajib bagi pemilik mobil harus rajin melakukan service power steering secara berkala dan teratur.

Kendati demikian selain dengan melakukan service secara rutin, anda juga bisa melakukan perawatan sederhana untuk memastikan kinerja pada komponen tidak cepat rusak.

service power steering

service power steering

Dan berikut diantaranya :

1. Jangan sering memutar penuh setir dalam jangka waktu yang lama

Memiliki kebiasaan memutar setir dengan rotasi yang penuh, maka tentu akan mempengaruhi kinerja dari power steering itu sendiri dan dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi berat, serta membuat bahan bakar yang digunakan menjadi lebih boros. Apalagi jika anda melakukan kebiasaan itu dengan sering, maka tentu akan menyebabkan kerusakan yang bisa sampai parah di kemudian hari.

2. Jangan Sering mengemudikan mobil di jalanan yang rusak

Sebisa mungkin hindari mengendarai mobil pada jalanan yang rusak. Karena sejatinya saat kendaraan melaju pada jalan yang memiliki permukaan rusak, tentunya akan membuat gucangan-guncangan yang keras sehingga menyebabkan komponen yang ada didalamnya menjadi mengalami kerusakan.

3. Jangan paksakan memakai mobil yang sudah menempuh jarak 10.000 km

Pemakaian kendaraan yang telah melebihi jarak 10.000 km, biasanya sudah bisa dipastikan akan mempengaruhi pada performa komponen yang berhubungan dengan power steering ini. Untuk itu pastikan untuk selalu melakukan service ringan pada komponen ini ataupun bisa juga dengan langsung mengganti komponen, pada mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km.

Melakukan service power steering ini bisa anda lakukan di bengkel-bengkel terdekat. Namun jika tidak memilki waktu luang untuk membawa mobil ke bengkel, anda bisa menggunakan jasa layanan service dari montir.id secara online. Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan saat menggunakan jasa layanan ini, karena bisa di panggil kapan saja dan dimana saja, dalam jangka waktu 24 jam.

Kategori: Otomotif