Selain memastikan kucing bisa mendapatkan makanan yang layak sebagai kelangsungan hidup mereka, semua pecinta kucing juga perlu memastikan kesehatan hewan peliharaannya terjaga dengan sangat baik sehingga terhindar dari penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Menjaga kesehatan kucing peliharaan merupakan salah satu kunci utama cara merawat kucing yang baik dan benar. 

Kesehatan dan kesejahteraan kucing bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya adalah vaksinasi sebagai pencegahan terjangkitnya virus industrialisasi hewan peliharaan yang kita miliki tersebut. Hal yang paling penting adalah semua pemilik kucing harus mengetahui kebutuhan apa yang diperlukan oleh kucingnya termasuk dalam hal kesehatan mereka.

Berikut ini ada beberapa macam cara merawat kucing khususnya menjaga kesehatan kucing yang baik dan benar salah satunya adalah dengan rutin vaksinasi vaksin bermanfaat untuk mencegah serangan virus Feline panleukopenia Feline calicivirus dan Feline herpesvirus. Rangkaian vaksinasi tersebut terdiri dari 2 suntikan yang diberikan dalam jangka waktu tiga hingga empat minggu. 

Cara merawat kucing

Kucing rumahan pada umumnya telah memperoleh pendidikan pertama sebelum bersama pemiliknya karena dosis pertama vaksinasi diberikan sejak usia 9 Minggu. Cara merawat kesehatan kucing lainnya adalah penanaman microchip di dalam kulit sekitar leher. Hal ini bertujuan agar dokter hewan dapat memantau pergerakan kucing yang kita miliki dengan lebih mudah akan tetapi prosedur ini bisa dilakukan apabila mendapatkan rekomendasi dari dokter hewan.

Rutin membersihkan kandang kucing juga menjadi salah satu cara merawat kucing khususnya kesehatan kucing yang baik dan benar. Kandang yang kotor akan beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit yang akan mengganggu kesehatan hewan peliharaan kita. Pastikan kandang tersebut telah dibersihkan minimal 1 minggu 1 kali untuk memastikan kucing yang kita miliki bersih dan terhindar dari serangan bakteri maupun kuman. 

Agar kucing yang kita miliki bisa dipastikan dalam kondisi yang sehat maka Alangkah baiknya apabila kita rutin memeriksakan ke dokter hewan secara berkala agar berbagai macam permasalahan kesehatan bisa terdeteksi sedini mungkin. Royal Canin merupakan salah satu jenis makanan kucing instan yang akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kucing karena diformulasikan secara khusus mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang mendukung kesehatan setiap kucing.

Anda mungkin juga menyukai: