Kualitas cincin berlian dinilai melalui empat faktor yaitu color atau warna, cut atau potongan, carat atau berat karat, dan clarity atau kejernihan. Sebagai salah satu faktor penentu kualitas cincin nikah berlian, Anda harus memahami apa itu clarity sebelum membeli cincin berlian asli. Jadi Anda bisa mempertimbangkan cincin yang seperti apa yang akan dibeli.

Clarity atau kejernihan berlian sendiri merupakan tanda cacat atau ketidaksempurnaan kecil yang ada pada batu berlian. Semakin jernih berlian tentu saja semakin berkualitas dan harganya semakin mahal. 

Skala Penilaian Berlian GIA

GIA (Gemological Institute of America) merupakan lembaga penilaian berlian dari Amerika Serikat. Kualitas kejernihan berlian biasanya didasarkan pada penilaian lembaga tersebut. Ada 6 kategori dengan 11 nilai kejernihan yaitu sebagai berikut:

  • Flawless (FL)

Nilai kejernihan berlian paling tinggi adalah flawless yang memiliki kode FL. Inklusi dan noda pada berlian tidak terlihat sama sekali, meskipun sudah dilakukan pembesaran lebih dari 10 kali. Berlian dengan kejernihan FL hanya ada di bawah angka 1% di dunia. Oleh sebab itu, harganya sangat tinggi.

  • Internal Flawless (IF)

Satu tingkat di bawah FL adalah internal flawless atau IF. Pada pembesaran sebanyak 10 kali, inklusi tidak terlihat. Namun ada noda kecil yang mungkin terlihat di permukaannya. Banyak juga orang yang memilih berlian satu ini untuk cincin nikah karena keindahan dan kejernihannya.

  • VVS1, VVS2 (Very Very Slightly Included)

Inklusi yang ada pada berlian satu ini sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Bahkan dengan pembesaran di bawah 10 kali pun masih sulit dilihat. Dibandingkan VVS1, berlian VVS2 memiliki inklusi yang lebih banyak. Harganya lebih terjangkau dari FL dan IF namun tingkat kejernihannya sudah sangat baik. Jadi banyak juga pelanggan yang membelinya.

cincin nikah berlian
  • VS1, VS2 (Very Slightly Included)

Sebagian besar orang memilih berlian VS ketika membeli cincin. Inklusi kecilnya masih belum bisa dilihat tanpa adanya pembesaran hingga 10 kali. Namun VS2 masih mungkin memiliki inklusi yang terlihat. Sedangkan VS1 lebih baik dari VS2. 

  • SI1, SI2 (Slightly Included)

Pada tingkat kejernihan SI, inklusi bisa terlihat jika dilakukan pembesaran sebanyak 10 kali. Namun pada kelas SI1, terkadang inklusi terlihat apabila memiliki mata yang tajam. Sedangkan SI2 dapat terlihat melalui paviliun atau bagian bawah yang berbentuk kerucut. Penilaian SI menjadi nilai kejernihan yang paling banyak dibeli setelah VS.

  • I1, I2, dan I3 (Included)

Penilaian kejernihan berlian yang paling rendah adalah Included (I). Inklusi terlihat sangat jelas pada saat dilakukan pembesaran 10 kali. Bahkan juga bisa dilihat dengan mata telanjang atau tanpa alat apapun. Jika menginginkan keindahan, hindari cincin yang memiliki kualitas I saja. 

Tips Memilih Kejernihan Berlian

Jika cincin nikah yang Anda beli memberikan sertifikat GIA, maka akan sangat mudah melihat penilaiannya. Setelah itu, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Jika budget kecil, pilih kejernihan bernilai Slightly Included (SI) atau Very Slightly Included (VS). Kejernihannya tidak akan terlihat tanpa dilakukan pembesaran.
  • Ukuran dan bentuk mempengaruhi kejernihan. Pada potongan zamrud atau asscher, disarankan memilih kejernihan yang tinggi.

Itulah pembahasan mengenai cara menilai kualitas cincin nikah berlian berdasarkan kejernihan atau clarity. Anda yang membutuhkan cincin berlian untuk pernikahan bisa membelinya di Mondial Jeweler. Banyak cincin yang ditawarkan mulai dari cincin wanita hingga cincin couple. Kualitas kejernihannya juga sudah sangat bagus meskipun harganya masih terbilang terjangkau. Untuk informasi mengenai koleksi Mondial Jeweler, Anda bisa melihat website www.mondialjeweler.com.

Anda mungkin juga menyukai: