Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Cara Menghitung usia kehamilan akan banyak memberikan manfaat bagi mereka yang sedang mengandung. Manfaat yang diperoleh adalah dapat mengetahui perkiraan hari kelahiran. Selain itu juga bagi ibu yang mengandung dapat juga mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Selain manfaat tersebut dengan mengetahui cara menghitung usia kehamilan dapat mengetahui juga kapan jadwal pemeriksaan yang memang harus dilakaukan. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan  untuk mengetagui usia kehamilan secara manual :

  • Menghitung usia kehamilan dengan berdasarkan riwayan menstruasi

Dalam metode ini dasar penghitungan bukan awal pertama pembuahan tapi hari pertama hari terakhir siklus haid. Pada metode ini selain untuk menghitung usia kandungan juga bisa digunakan untuk menghitung perkiraan dari persalinan. Rumus yang digunakan pada metode ini adalah rumus naegele.

Untuk menghitung perkiraan kelahiran dengan cara berikut tanggal hari pertama haid terakhir +7, bulan – 3, dan tahun + 1. Pada bulan yang tidak bisa dikurangi dengan 3, maka bulan tersebut ditambah dengan 9. Sedangkan pada tahun tetap tidak ada penambahan. Bagi nyang memiliki siklus haid selain 28 hari maka rumus yang digunakan adalah : HPHT + 9 bulan +(lama siklus haid – 21 hari).

  • Metode Pemeriksaan Klinis Tinggi Puncak Rahim

Ini adalah metode manual yang dapat dilakukan dengan cara meraba puncak rahim yang menonjol pada bagian dinding perut. Cara menghitungnya adalah mulai dari tulang kemaluan hingga puncak rahim.  Alat yang digunakan juga sangat simpel yaitu dengan menggunakan jarin tangan.

  • Menggunakan USG untuk mengetahui usia kehamilan

Cara lain yang dapat dilakuakan untuk bisa mengetahui usia kandungan adalah dengan menggunakan USG. Cara ini adalah cara yang paling akurat untuk menghitung usia kehamilan.

  • Gerakan Janin

Ini adalah cara untuk mengetahui usia kehamilan dengan gerakan yang ada pada janin di dalam perut.

  • Tali ukur

Untuk mengetahui usia kehamilan bisa dilakukian dengan cara menggunakan tali ukur.

Berikut tadi beberapa cara menghitung usia kehamilan dengan cara manual.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply