Dalam merencanakan pembangunan rumah, faktor kesiapan tidak hanya terbatas pada ide dan desain rumah saja. Namun ada hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan dalam pembangunan rumah yaitu estimasi biaya. Estimasi biaya bangun rumah merupakan hal yang paling mendasar yang harus dipersiapkan ketika akan membangun sebuah rumah.

Perencanaan biaya perlu dilakukan secara matang agar tidak membengkak di tengah perjalanan dan tidak melebihi anggaran yang telah disediakan. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghitung rencana anggaran untuk bangun rumah yaitu sistem meter pesegi dan sistem analisa harga satuan bangunan. Kedua sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing.

Estimasi biaya bangun rumah
Estimasi biaya bangun rumah

Jika menggunakan sistem meter persegi Maka estimasi waktunya lebih cepat, akan tetapi jika menggunakan perhitungan sistem analisa harga satuan bangunan dapat memberikan anda rincian yang jauh lebih detail.

Berikut penjelasan mengenai dua jenis cara menghitung estimasi biaya bangun rumah:

  • Cara menghitung biaya bangunan dengan sistem harga satuan

Estimasi biaya bangunan rumah dengan menggunakan sistem harga satuan memerlukan gambar rumah yang akan dibangun. Tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki daftar spesifikasi bahan beserta harganya, merinci daftar pekerja, mendaftar biaya tukang, mendaftar biaya kenek, dan juga kapasitas dari masing- masing pekerja. Selanjutnya, masing- masing item pekerja dihitung volumenya berdasarkan gambar serta ukuran bangunan. Harga satuan pekerja dihitung dengan mengalikan volume dengan harga satuan.

  • Cara menghitung biaya bangunan dengan sistem per meter persegi

Cara menghitung biaya bangunan dengan sistem per meter persegi merupakan sistem cepat untuk mengetahui biaya yang diperlukan untuk membangun rumah. Anda hanya perlu tahu berapa standar harga bangunan rumah per meter persegi sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan apakah itu kualitas standar, minimalis, megar atau mewah. Selanjutnya Anda perlu tahu berapa luas banguandalam satuan meter persegi. Kemudian kalikan luas rumah dengan harga permeter persegi maka ketemulah perkiraan biayanya.

Anda dapat memilih cara perhitungan estimasi biaya bangun rumah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Namun untuk memilih material bangunan yang sangat mendasar yaitu semen. Anda bisa memilih Semen Tiga Roda sebagai bahan dasar bangunan Anda yang kokoh.

Anda mungkin juga menyukai: