Merangsang kecerdasan otak anak dengan belajar di masa pertumbuhannya adalah tahapan yang penting. Setiap anak memiliki tahap serta kesiapan dalam belajar yang berbeda-beda. Meski begitu, setiap tahapan dalam proses perkembangan anak adalah sama. Mam hanya perlu mendukung proses tersebut dengan terus mendampingi si Kecil dalam setiap tahapan tersebut. Selain pemberian nutrisi yang cukup, mengetahui cara mengajari anak membaca juga perlu dilakukan. Membaca adalah jendela ilmu dan dapat menstimulasi perkembangan otak anak sehingga mereka tumbuh cerdas dan pintar.

Memperkenalkan anak dengan aktivitas membaca dan menulis melalui kegiatan menarik seperti permainan sederhana tentu akan lebih menarik bagi si Kecil. Cara mengajari anak untuk membaca yang baik ternyata bisa dilakukan dengan cara yang cukup menyenangkan. Dengan begitu maka akan menumbuhkan minat baca si Kecil.

cara mengajari anak membaca
cara mengajari anak membaca

Sebelum belajar membaca, Mam bisa mengenalkan si Kecil dengan huruf. Di sini Mam bisa menggunakan buku bergambar yang berisikan huruf-huruf agar menarik minat si Kecil untuk belajar. Belajar membaca dengan cara yang menyenangkan akan membuat anak bisa menghafal dengan mudah. Tanda awal dimana anak siap untuk belajar membaca ditandai dengan sikapnya yang tertarik dengan buku atau jenis tulisan apapun. Untuk itu, Mam perlu menerapkan cara mengajari anak membaca yang baik dan benar.

Langkah yang bisa diambil untuk menstimulasi si Kecil agar belajar membaca adalah dengan membacakan sebuah buku cerita. Membacakan dongeng sebelum tidur bisa merangsang perkembangan bahasa anak. Ketika membacakan sebuah cerita dongeng kepada anak, sesekali berikan pertanyaan mengenai isi cerita tersebut.

Hal ini akan menstimulasi keinginan anak untuk belajar membaca dengan baik. Selain itu, perkembangan bahasanya juga akan meningkat. Dimana anak bisa menceritakan kembali kisah yang sudah diceritakan. Ketika si Kecil sudah mulai mengenal beberapa huruf, mungkin itu suatu pertanda anak sudah siap untuk belajar membaca sepenuhnya.

Cara mengajari anak membaca bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan saat membaca. Hal ini adalah sebuah metode yang cukup efektif untuk mengajari si Kecil membaca. Menyelingkan beberapa pertanyaan pada saat membaca akan mendorong anak untuk bisa berinteraksi dengan buku. Serta sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan anak dalam mengerti isi bacaan yang ada pada buku cerita tersebut.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCELTM membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progesif agar dari Belajar jadi Hebat.

Anda mungkin juga menyukai: