Cara Mendidik Anak di Rumah

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya kepada diri sendiri, seperti apa cara mendidik anak yang menyenangkan? Secara pribadi, jika boleh saya menjawab pertanyaan tersebut, maka saya katakan dengan tegas adalah hal tersebut terletak pada bagaimana figur ibu dan ayah menciptakan suasana pertama bagi kemajuan anak saat usia dini. Pada umumnya, masa kecil selalu meninggalkan kesan dan memengaruhi kemajuan anak-anak saat mereka dewasa kelak.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk kemajuan anak Anda adalah Anda harus membangun suasana rumah tangga yang sangat baik untuk anak Anda. Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa memulainya dengan memperbaiki sikap dan perilaku Anda dan pasangan. Berikan contoh perilaku yang baik untuk ditiru anak. Hampir mustahil bukan, jika kita ingin anak kita menjadi orang yang baik namun perilaku kita dan pasangan selaku ayah dan ibu mereka tidak baik? Jika kita selalu memaksakan suatu perilaku pada anak, misalnya, maka si kecil akan merasa terbebani. Metode semacam ini sebenarnya sudah tidak relevan lagi.

Jika anak-anak kita merasa bahagia memiliki kita sebagai ibu dan ayah, anak-anak tentu akan menjadi anak-anak yang penurut. Sebaliknya, jika kita memaksakan kehendak, hal tersebut hanya akan membahayakan kepribadian mereka, terlebih jika disertai dengan kekerasan, baik melalui kata-kata maupun tindakan verbal. Ingat, kekerasan yang diterapkan sebagai cara mendidik anak menunjukkan bahwa kita telah gagal dalam mendidik anak.

Cinta dan kasih sayang adalah kunci sukses mendidik anak. Sekarang sudah bukan zamannya kekerasan. Memberikan suasana rumah tangga yang kondusif untuk perkembangan anak adalah cara mendidik anak yang sangat dianjurkan.

Anak-anak adalah anugerah terbaik yang telah Tuhan berikan kepada kita. Untuk itu, kita harus bersyukur dengan cara memberikan yang terbaik bagi mereka, yakni menafkahi secara finansial dan psikologi.

Banyak orang tua menganggap bahwa mendidik anak hanya sebatas menghidupi anak dengan memberi makan. Mendidik anak sesungguhnya lebih dari itu. Meskipun Anda berkewajiban memberikan pendidikan yang layak setinggi mungkin untuk anak Anda, Anda perlu memberikan pendidikan fase awal di lingkungan keluarga terlebih dahulu. Bangunlah kepribadian dan keterampilan anak. Tumbuhkan dan kembangkan rasa percaya diri serta keterampilan yang ia miliki, disertai pengertian-pengertian tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat sehingga kelak anak Anda akan dicintai dan berguna bagi lingkungan sosialnya.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply