Kucing yang sakit tentu saja akan membuat Anda sedih dan kebingungan. Meskipun termasuk penyakit yang tidak berbahaya, kucing sakit perut tetap harus dicegah. Pasalnya kucing yang sakit perut bisa mengalami dehidrasi akibat diare dan muntah. Akibatnya kucing menjadi lemas dan tidak semangat untuk beraktivitas. Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut ini:

Memberi Makan Lengkap dan Seimbang

Cara paling sederhana melindungi anabul dari gangguan pencernaan adalah memberi makanan yang lengkap dengan nutrisi seimbang. Biasanya dokter hewan akan merekomendasikan makanan tertentu untuk kucing yang sensitif. Terkadang dokter hewan juga akan merekomendasikan diet untuk makan porsi lebih kecil. Tujuannya agar kucing mendapatkan nutrisi lengkap dan seimbang.

Memilih Makanan yang Mengandung Prebiotik

Makanan yang tepat merupakan kunci pencernaan yang sehat. Jika ingin menjaga kesehatan pencernaan kucing, tidak ada salahnya memberikan makanan yang mengandung prebiotik. Prebiotik bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan kucing. Jadi pencernaannya akan lebih sehat dan kucing pun tidak akan mengalami sakit perut.

kucing sakit perut

Tidak Mengganti Diet Tiba-Tiba

Pola makan atau diet yang diganti secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu penyebab sakit perut pada kucing. Oleh sebab itu, transisi makanan lama ke baru tidak boleh tiba-tiba. Jika ingin mengganti makanan, Anda harus mulai secara bertahap. Misalnya dengan mencampurkan makanan lama dengan baru. 

Tidak Mengganggu Kucing Makan

Mengganggu kucing saat makan ternyata termasuk kebiasaan buruk. Saat makan kucing lebih suka berkonsentrasi dengan makanannya. Jika diganggu, mereka akan menjadi stres dan menyebabkan sakit perut.

Tidak Memberikan Sisa Makanan Pada Kucing

Cara mencegah kucing mengalami gangguan pencernaan yang terakhir adalah tidak memberikan makanan sisa. Beberapa kucing memang memiliki daya tahan yang baik sehingga mampu memakan makanan sisa. Namun ada juga kucing yang sensitif dan tidak bisa makan makanan sisa.

Itulah cara mencegah kucing sakit perut yang bisa Anda lakukan. Rekomendasi makanan lengkap dengan nutrisi seimbang adalah makanan dari Royal Canin. Brand satu ini sudah dikenal luas sebagai brand makanan hewan terbaik. Anda bisa memilih makanan kucing Royal Canin sesuai ras, kebutuhan, dan usia kucing. Cari makanan yang tepat untuk kucing Anda di www.royalcanin.com

Anda mungkin juga menyukai: