Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Baik Dan Benar

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

cara mencegah gigi berlubang

Cara mencegah gigi berlubang, memang sebaiknya anda ketahui dengan benar karena gigi memiliki fungsi utama dalam merobek dan mengunyah makanan, dimana makan menjadi bagian terpenting dalam hidup demi memperoleh energi bagi tubuh dalam menjalankan aktivitas.

Pencegahan gigi berlubang dilakukan agar gigi tetap sehat, dan tidak memiliki lubang yang dapat menyebabkan menempelnya sisa – sisa makanan hingga menimbulkan bau tidak sedap pada mulut dan gigipun menjadi rusak. Beberapa faktor yang menyebabkan adanya gigi berlubang antara lain tidak menjaga kesehatan gigi serta mulut, dan membiarkan bakteri menempel lebih lama di dalam mulut serta gigi hingga tak jarang dari kita yang baru melakukan perawatan setelah muncul gejala kerusakan seperti sakit gigi, gigi ngilu dan juga merasa tidak nyaman saat mengunyah makanan.

Masalah yang  muncul dan menimbulkan kerusakan pada gigi salah satunya disebabkan oleh makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut khususnya yang mengandung gula, karena rasa manis pada gula dapat menimbulkan bakteri yang dapat mengubah bentuk gula menjadi asam. Asam yang diproduksi oleh bakteri dapat membentuk plak gigi hingga menimbulkan gigi berlubang dan terjadinya keropos pada gigi. Plak gigi yang menempel dan hanya dibiarkan saja, maka dapat membuat plak menjadi keras dan sulit untuk menghilangkannya, sehingga akan semakin menambah jumlah bakteri yang bersarang hingga bercampur dengan asam. Asam tersebut dapat menghancurkan enamel pada gigi, karena enamel sangatlah lemah terhadap asam, sehingga merusak mineral yang terdapat pada enamel  hingga kerusakan tersebut dapat menimbulkan adanya lubang – lubang kecil pada enamel.

Masalah yang timbul pada enamel ini, bahkan dapat menimbulkan kerusakan lain pada dentin yaitu bagian yang lebih lembut daripada enamel, kerusakan dentin ini sangat mudah terjadi karena dentin tidak tahan terhadap asam, sehingga timbullah masalah gigi berlubang hingga mudah tanggal. Sebelum masalah – masalah pada gigi ini muncu, akan lebih baik jika kita melakukan cara mencegah gigi berlubang dengan baik dan benar melalui langkah mudah di bawah ini.

  1. Rutin menyikat gigi dengan cara yang benar, serta dengan pasta gigi yang mengandung fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang dan dapat menjaga kesehatan gigi anda dengan baik.
  2. Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride saja tidak cukup, namun perlu ditunjang dengan obat kumur berfluoride. Listerin mengandung fluoride yang dapat digunakan dua kali sehari dengan cara berkumur selama 30 detik dan pastikan cairan tersebut menjangkau bagian mulut dan gigi barulah dimuntahkan.
  3. Mengurangi jumlah asupan makanan yang bersifat penghasil asam seperti permen, minuman bersoda, kue dan lain sebagainya.
  4. Bagi anda yang memiliki gigi sensitif, sebaiknya menghindari konsumsi makanan serta minuman yang terlalu panas dan juga terlalu dingin, apalagi saat rasa panas bercampur dengan dingin, maka akan semakin mempercepat kerusakan gigi berlubang.

Pencegahan gigi berlubang melalui ke empat cara yang telah dijelaskan di atas, dapat membuat gigi tetap terjaga kesehatannya dengan baik, lebih dari itu masalah yang ditimbulkan akibat adanya gigi berlubang seperti bau mulut yang tidak sedap, tidak dapat mengunyah makanan dengan baik serta masalah lainnya dapat teratasi dan bahkan tidak akan dirasakan, apabila anda mengikuti step by step dengan baik pencegahan gigi berlubang tersebut. Cara mencegah gigi berlubang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, sehingga tampilan gigi anda lebih sehat dan tentunya bebas dari lubang gigi, sehingga tampilan percaya diri saat berkomunikasi dapat anda miliki.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply