Ada berbagai desain dari rak tempel dinding dengan ukuran yang beragam yang dapat anda pilih di toko furniture ikea. Namun, tentu saja harganya cukup mahal. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan bagaimana anda mendapatkan rak dinding tempel dari bahan kayu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak dana dengan waktu yang singkat.

Yaitu dengan cara membuatnya sendiri dan berbelanja di toko yang tepat dan terpercaya dengan kualitas terbaik. Siapkan alat dan bahan dan Alat yang akan anda butuhkan seperti Gerinda tangan, Mesin las, Gergaji, Palu, Waterpas dan Bor selanjutnya Bahan, Plat besi, Sekrup/ baut, Kayu secukupnya, Cat bila perlu, Multipleks.

rak tempel dinding
rak tempel dinding

Buatlah bracket atau penyangga, Untuk membuat bracket atau penyangga ini, maka siapkan plat besi sesuai dengan ukuran yang akan anda butuhkan. Kemudian buatlah lubang pada kedua sisi pelat besi tersebut dengan menggunakan bor. Laslah plat besi pada bagian tengah yang sudah anda lubangi.

Berikan lapisan cat pada plat besi agar besi lebih terawat dan juga tidak berkarat. Buat bracket ini sesuai dengan ukuran rak yang anda inginkan, selain membuat anda juga bisa membeli rak Tempel dinding dari IKEA, anda bisa merakitnya terlebih dahulu sebelum memasangnya di dinding.

Potong multipleks, Siapkan multipleks sesuai dengan ukuran yang sudah anda tetapkan. Sesuaikan ukuran rak dinding yang akan anda buat dengan ukuran plat besinya. Potong multipleks dengan gergaji. Pastikan ukurannya tepat agar anda tidak mengulangi pemotongan multipleks ini.

Rakit semua bagian multipleks, Apabila multipleks sudah anda potong dengan ukuran yang tepat, maka mulailah merakit semua bagian multiplek nya. Siapkan lem kayu untuk digunakan menyambung kayu agar rak kayu lebih kokoh. Setelah pengeleman, anda juga dapat menambahkan untuk memaku bagian rak agar lebih kuat.

Untuk penggunaan paku ini, kami sarankan untuk memilih paku tanpa kepala, sehingga bagian atas paku tidak akan terlihat dan rak dinding anda akan terlihat lebih rapi dan bersih. Selain itu, paku jenis ini juga akan memudahkan anda dalam proses finishing rak dinding tersebut.

Kategori: Bisnis