Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Payment​ ​Gateway​ ​Di​ ​Indonesia ini merupakan layanan yang memproses perizinan kartu kredit atau umum disebut sebagai transaksi online semacam transfer bank yang terjadi di antara pedagang dan pembeli.

Layanan ini bisa sangat membantu Anda sebagai pebisnis dalam menerima pembayaran (biasanya berupa dana yang dikirim ke rekening Anda, walaupun ada juga yang dengan mata uang digital Bitcoin ) atau sebaliknya, dari Anda ke orang lainnya. Transaksi ini akan diproses secara aman dan aktual atau real-time.

Seperti apa contohnya? Misalnya, pembeli telah memasukkan detil dari informasi kartu kredit kepunyaannya ketika telah melakukan pemesanan dan ingin close the deal. Detil pembayaran tersebut lalu bakal dikirimkan ke payment gateway untuk dikunci terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke bank yaitu acquiring bank dan issuing bank.

Acquiring bank ini berperan menarik biaya yang sudah ditentukan, sementara issuing bank berperan memberikan izin pembayaran. Ketika bank sudah kasih izin atas pembayarannya, transaksi bakal melewati lagi proses selanjutnya, tapi kalau izin pembayarannya ditolak, transaksi nya akan segera dibatalkan. Walau terlihat cukup rumit bagi Anda, proses ini ya sebenarnya hanya menghabiskan waktu beberapa detik saja alias cepat sekali prosesnya.

Payment​ ​Gateway​ ​Di​ ​Indonesia

Payment​ ​Gateway​ ​Di​ ​Indonesia

Berikut adalah proses yang umumnya terjadi pada payment gateway di situs e-commerce atau toko online: Calon customer toko online mengunjungi website, melihat produk dan akhirnya memutuskan untuk membelinya menurut info yang disampaikan oleh koneksi sumber dari Payment​ ​Gateway​ ​Di​ ​Indonesia. Kemudian payment gateway akan lanjutkan info itu ke payment processor dari bank Anda.

Payment processor melanjutkan lagi info transaksi nya ke asosiasi penerbit kartu yang dipakai. Apa contohnya? Misalkan, Mastercard dan Visa. Pada tahap berikutnya, bank terkait akan mendapat permintaan itu dan mengirimkan balasannya ke processor dengan menggunakan kode khusus sekaligus memberikan konfirmasi apakah transaksi itu dinyatakan berhasil ataukah gagal.

Terakhir, payment processor akan mengirim pesan tersebut ke payment gateway yang nantinya akan dilanjutkan kembali ke website/ situs Anda serta si pemegang kartu hingga transaksi bisa dinyatakan berhasil.

Kategori: Bisnis