Kuliah merupakan sarana menggali ilmu dan pengetahuan yang dapat bermanfaat nantinya di dunia kerja. Ada banyak sekali jurusan keilmuan yang ditawarkan di perguruan tinggi. Salah satu jurusan pada bidang Sains dan Teknologi adalah jurusan Sistem Informasi. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang cukup banyak diminati di Indonesia karena kemajuan teknologi dan informasi yang pesat. Jika Anda tertarik dan menyukai bergelut dengan bidang komputer dan manajemen, jurusan ini bisa menjadi pilihan Anda saat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sistem informasi merupakan jurusan perguruan tinggi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu bisnis, ekonomi dan manajemen. Selama perkuliahan, mahasiswa akan belajar tentang cara melakukan identifikasi serta proses sebuah bisnis di perusahaan mulai dari data-data profil perusahaan hingga perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Mahasiswa tidak hanya belajar mengenai ilmu komputer seperti software dan hardware namun juga mempelajari bagaimana sebuah proses bisnis perusahaan.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Kuliah di jurusan Sistem Informasi akan mempelajari banyak hal yang berguna nantinya setelah lulus dan memasuki dunia kerja. Beragam ilmu yang dipelajari di jurusan ini seperti mengelola software dan hardware pada komputer, perancangan sistem, manajemen dan bisnis perusahaan. Mahasiswa jurusan ini diharapkan nantinya mampu mengembangkan, memanfaatkan serta mengelola sistem komputer yang ada dalam bisnis perusahaan maupun perseorangan. 

Ketika perkuliahan, mahasiswa akan memperoleh dan menambah keahlian baru. Di sini mahasiswa akan dilatih untuk mampu melakukan rekayasa sistem jaringan komputer yang bermanfaat dalam mendukung kegiatan bisnis perusahaan atau organisasi. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga akan belajar problem solving, berpikir secara sistematis, menganalisis tujuan dan kebutuhan perusahaan dan mengelola data serta informasi perusahaan.

Perkembangan teknologi dan informasi yang terus berkembang memberikan perkembangan yang pesat juga pada berbagai bidang dalam kehidupan seperti pendidikan, keuangan, layanan publik, kesehatan dan lain sebagainya. Setiap perusahaan maupun instansi tentu membutuhkan penggunaan teknologi dalam mengelola data dan informasi serta kelangsungan proses di dalamnya. Untuk itu, lulusan program studi informasi yang ahli dalam bidang komputer dan informasi banyak dibutuhkan pada banyak posisi di sana. 

Dengan beragam bekal keahlian yang didapat dari kuliah Jurusan Sistem Informasi, mahasiswa nantinya dapat diaplikasikan di dunia kerja. Mengingat perkembangan teknologi yang pesat dan kebutuhan akan ahli di bidang komputer sangat banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan maupun instansi. Sehingga ada banyak prospek kerja yang bisa ditempati mahasiswa setelah lulus kuliah. Di antaranya adalah sebagai berikut Pengembang Web, Analis Bisnis, Konsultan IT, Programmer, Database Administrator, Network Security dan masih banyak lagi.

Selain mempunyai prospek kerja yang banyak untuk bekerja di perusahaan atau instansi, lulusan jurusan ini juga mempunyai banyak kesempatan untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dengan bekal keahlian yang didapat selama berkuliah, seorang lulusan sistem informasi dapat berkarir sebagai software developer yang dapat membuat dan mengembangkan program perangkat lunak komputer sendiri untuk dapat digunakan oleh banyak orang.

Anda ingin melanjutkan jenjang sekolah lebih tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik, IDS adalah opsi yang tepat. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1). Melalui pendekatan Real World Project membantu anda untuk siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering, Cyber Security dan Mobile Apps & Games Development. IDS Digital College membangun kurikulum bertaraf internasional yang siap untuk membimbing para mahasiswa untuk menjadi seorang profesional IT dalam persaingan global.

Anda mungkin juga menyukai: