Umur berapa anak bisa bicara ? Adalah satu pertanyaan yang sering muncul di benak setiap orang tua yang memiliki anak kecil. Hal ini sangatlah wajar, mengingat anak berusia dibawah lima tahun memang masih menunjukkan perkembangan yang sangatpesat setiap harinya.

Agar dapat menjawab pertanyaan Umur berapa anak bisa bicara ? Sebaiknya Anda mengumpulkan berbagai informasi mengenai perkembangan bahasa pada anak. Berikut ini merupakan perkembangan bahasa pada aanak berusia di kurang dari satu tahun.

umur berapa anak bisa bicara
umur berapa anak bisa bicara
  • 0 hingga 3 bulan 

Pada usia ini komuikasi yang dapat dilakukan oleh buah hati Anda hanyalah dengan cara menangis. Ia akan menunjukkan rasa lapar, panas, tidak nyaman ataupun sakit dengan tangisannya. Sehingga sebagai orang tua terkadang kita bingung apa yang harus dilakukan. Komunikasi lainnya adalah dengan mengepalkan tangan, jika rasa yang ia rasakan semakin kuat, maka bayi biasanya akan mengepalkan tangannya dengan erat.

  • 4 hingga 6 bulan

Pada periode ini komunikasi buah hati Anda akan semakin meningkat. Ia sudah bisa mengeluarkan bunyi celotehan, meskipun hanya terdiri dari satu suku kata seperti ehe, emm, err, ataupun mberr. Periode ini juga buah hati Anda mulai menunjukan interaksi dengan tertawa ketika diajak berkomunikasi. 

  • 7 hingga 9 bulan 

Interaksi anak pada periode ini semakin berkembang dengan pesat, dimana ia sudah dapat enunjukkan beberapa rasa seperti senang dan sedih. Hal ini ditujukkan dengan tertawa terbahak-bahak ketika ia senang, dan menangis ketika sedih atau akan ditinggal pergi. Ia juga akan menangis ketika ibunya di peluk oleh orang lain.

  • 10 hingga 12 bulan 

Pada periode ini kata yang diucapkan anak sudah lengkap, bahkan ia akan bisa mengucapkan dua atau tiga kata sekaligus meskipun belum jelas. Bahkan terkadang lucu dan menggemaskan ketika didengarkan. Tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing nya agar bisa mengucapkan kata dengan jelas.

Semoga uraian singkat di atas dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai Umur berapa anak bisa bicara? Agar kemampuan bicaranya dapat berkembang dengan mengoptimal Anda dapat memberinya makanan tambahan seperti susu Dancow . 

Anda mungkin juga menyukai: