Anda mungkin mempertimbangkan untuk berkarir di bidang keamanan dunia maya karena Anda membaca tentang gaji tinggi bidang ini, tunjangan luar biasa, dan perusahaan serta lowongan pekerjaan yang tampaknya tak ada habisnya. Namun ada juga manfaat intrinsik untuk bekerja sebagai profesional cyber security Indonesia lulusan IDS Digital College.

Orang-orang ini melakukan tugas yang sangat penting untuk keamanan data yang sangat sensitif. Sebagai ahli keamanan dunia maya atau internet, Anda akan bekerja untuk melindungi database, situs web, dan perangkat yang terhubung ke jaringan internet dari peretasan jahat oleh para hacker. Posisinya sebagai salah satu bentuk pelayanan publik sekaligus sebagai sarana untuk mencari nafkah secara digital.

Mengapa Karir di Bidang Keamanan Cyber ​​Lebih dari Sekadar Uang?

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Meskipun gaji dan tunjangan yang tinggi benar-benar sangat menarik bagi siapa saja, para profesional dunia maya lebih cenderung didorong oleh kecintaan pada teknologi dan pekerjaan yang menarik, menantang, dan bermakna yang disediakan oleh karier keamanan dunia maya. Mereka yang bekerja di bidang keamanan cyber jarang menerima publikasi apa pun atas kerja keras mereka, bahkan ketika pekerjaan itu penting dalam skala nasional. 

Para profesional keamanan dunia maya atau secara digital dapat melindungi informasi rahasia pemerintah untuk menangkal serangan online. Dimana serangan tersebut dapat melumpuhkan sistem elektronik negara dan umumnya membahayakan keselamatan nasional kita. Serangan ini semakin sering dan semakin meluas karena Internet of Things (IoT) secara terus menerus berkembang pesat.

Pakar keamanan website adalah orang-orang yang kita andalkan untuk membantu menjaga keamanan informasi pribadi kita. Dan lebih jauh lagi adalah untuk mencegah teroris dunia maya, pasukan musuh, dan pihak-pihak jahat lainnya mengakses informasi kita yang disimpan secara online.

Cyber Security adalah Bidang Karir yang Sedang Booming

Permintaan akan karyawan keamanan dunia maya meningkat lebih dari 3 kali lipat kecepatan pasar kerja TI lainnya dan 12 kali kecepatan pasar kerja umum. Kekurangan staf keamanan cyber saat ini berjumlah ribuan orang yang dibutuhkan untuk menjadi pakar keamanan cyber. Kekurangan personel ini kemungkinan akan tetap ada selama bertahun-tahun, atau bahkan mungkin beberapa dekade ke depan.

Dapat dikatakan bahwa lulusan orang-orang dengan gelar dari jurusan cyber security Indonesia akan memiliki banyak peluang karir untuk tahun-tahun mendatang. Selama Internet ada, kebutuhan profesional keamanan cyber juga akan bertambah. Jenis jaminan kerja ini memberikan ketenangan pikiran yang lebih berharga daripada kompensasi finansial saja.

Tanggung Jawab Ahli Keamanan Cyber

Mereka yang mempelajari keamanan dunia maya mempelajari tentang perlindungan data secara online dari sejumlah sudut berbeda. Mereka dilatih dalam:

  • Respon insiden cyber
  • Penilaian kerentanan dan deteksi
  • Teknik investigasi
  • Resiko dunia maya dan analisis strategis
  • Rekayasa jaringan / sistem
  • Forensik digital

Ini adalah keterampilan pemecahan masalah yang dibutuhkan lembaga pemerintah, perusahaan swasta, dan pihak lain untuk memastikan bahwa data pelanggan / warganya tidak jatuh ke tangan yang salah.

Meskipun kompensasi finansial yang kokoh dan keamanan kerja dari karir di bidang cyber security Indonesia adalah keuntungan besar, sebenarnya ada penghargaan intrinsik yang sangat memuaskan yang diperoleh. Khususnya dengan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih aman. Pekerjaan sehari-hari professional dunia maya ini dapat mencegah peretasan jahat dan potensi pencurian identitas secara luas. Atau mungkin membantu menangkal serangan cyber yang dapat membahayakan keamanan nasional. Ini adalah jenis manfaat tidak berwujud yang memisahkan bidang keamanan dunia maya dari begitu banyak komputer serta posisi atau lokasi terkait web lainnya.

Anda mungkin juga menyukai: