Alasan Kuliah di Dalam Negeri

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Belajar pada tingkat satuan pendidikan tinggi merupakan harapan banyak orang. Namun dalam kenyataannya kesempatan belajar pada jenjang yang paling tinggi ini tidak dimiliki semua orang. Tetapi tak sedikit dari orang yang berkesempatan tersebut memilih pendidikan tinggi di luar negeri untuk menimba ilmu. Sebenarnya tak selamanya belajar di perguruan tinggi Luar Negeri itu lebih baik dari pendidikan tinggi di dalam negeri.

Karena kenyataannya beberapa perguruan tinggi di Indonesia mampu menunjukan daya saingnya di mata dunia. Apalagi jika pilihan perguruan tinggi di luar negeri itu merupakan perguruan tinggi yang berada di kelas menengah. Akan sangat di sayangkan, padahal di Indonesia punya banyak sekali perguruan tinggi yang telah terkualifikasi world class university.

Pilihan kuliah di Luar negeri sebenarnya bukan suatu hal yang buruk, akan tetapi hal tersebut bisa menjadi salah manakala kita tidak memilih perguruan tinggi  yang berada di klaster atas. Betapa tidak, padahal Indonesia menawarkan kualitas yang bukan main-main dengan hadirnya best university in Indonesia seperti UI dan masih banyak lagi perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan skala penilaian Internasional baik Negeri ataupun Swasta.  Seharusnya keberadaan kampus-kampus terbaik tersebut bisa dimanfaatkan untuk menimba ilmu oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, memilih melanjutkan kuliah di luar negeri jelas membutuhkan biaya yang tak sedikit dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap banyak mata uang negara lain terutama negara-negara maju semakin membuat nilai pendidikan di luar negeri menjadi mahal harganya. Dengan kata lain, untuk apa mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi yang belum tentu kualitasnya lebih baik dari kampus yang telah ada di dalam negeri.

Hadirnya banyak perguruan tinggi Indonesia yang merupakan best university in Indonesia menjadi pilihan yang jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan pilihan kuliah di luar negeri pada kampus-kampus yang terletak pada klaster menengah universitas. Jadi, sebaiknya jika ingin memilih melanjutkan studi di Luar Negeri sebaiknya cermati secara seksama bagaimana status dan kualitas perguruan tinggi yang akan kita datangi jika dibandingkan dengan beberapa universitas terbaik di dalam negeri.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply