Sebuah bisnis bisa berkembang dan maju pesat jika strategi yang digunakan tepat dan terukur. Maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa strategy marketing merupakan hal utama yang menentukan keberhasilan bisnis. Tidak hanya harus terarah dan terukur, penerapan strategi pemasaran juga harus konsisten. Pasalnya tidak ada hasil yang instan dalam meningkatkan bisnis, sehingga butuh proses yang panjang.

Strategi pemasaran terus mengalami perubahan seiring dengan tren yang juga terus berkembang di masyarakat. Dapat dikatakan pula bahwa strategi pemasaran zaman dulu tidak lagi cocok diterapkan di masa sekarang. Karena itulah, pebisnis wajib selalu mengikuti perkembangan ilmu marketing bisnis agar mendapatkan pengetahuan baru untuk diterapkan. Seperti jenis-jenis strategi pemasaran terbaru berikut ini yang terbukti bisa melipatgandakan keuntungan bisnis.

  1. Social Media Marketing

Social media marketing termasuk jenis strategy marketing kekinian yang sekarang menjadi strategi wajib semua pebisnis. Social media yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai kalangan dan wilayah menjadi peluang yang bagus untuk memperkenalkan produk atau layanan. Ditambah banyak sekali keuntungan dari penerapan social media marketing yang hasilnya pun bisa diandalkan. Namun perlu diingat bahwa untuk menerapkan strategi ini sangat butuh pengetahuan yang cukup serta kemampuan yang memadai.

  1. Telemarketing

Jenis strategi pemasaran yang satu ini sudah cukup populer. Telemarketing memungkinkan pebisnis menjalin interaksi dengan konsumen melalui sambungan telepon untuk melakukan penawaran langsung. Selain lewat sambungan telepon, telemarketing juga bisa memanfaatkan fitur video conference dengan mendapatkan kesepakatan dari konsumen. Strategi pemasaran telemarketing masih dianggap sebagai trik yang lebih mudah berhasil serta terbukti dapat meningkatkan keuntungan bisnis.

  1. Email Marketing

Selain menyasar target pasar melalui media sosial, bisnis masa kini juga bisa menerapkan email marketing. Strategy marketing yang satu ini diawali dengan mengumpulkan database pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi atau sekadar menunjukkan ketertarikan. Database tersebut akhirnya digunakan dengan cara rutin memberikan informasi dan penawaran menarik. Tidak jarang akhirnya ada orang yang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui strategi pemasaran email marketing.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Istilah SEO atau search engine optimization pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis masa kini. Dalam strategi ini, pebisnis merancang sebuah situs yang diharapkan bisa muncul pada halaman utama mesin pencarian. Dengan begitu, maka banyak orang akan melihat dan tidak menutup kemungkinan akhirnya mereka tertarik untuk melakukan transaksi. Agar bisa maksimal dalam menerapkan SEO marketing, ketahui dulu dengan jelas jenis konten yang diminati.

  1. Iklan Berbayar

Sudah bukan hal asing lagi bagi pebisnis sekarang yang memilih menggunakan iklan berbayar. Pasalnya strategy marketing yang satu ini termasuk yang paling efektif sebab menyasar target market yang sesuai dan telah melalui proses analisa yang panjang. Iklan berbayar yang muncul di berbagai tempat menjadi kabar baik bagi konsumen yang bisa merasakan manfaat dari iklan berbayar.

  1. Program Referral

Memiliki konsumen loyal sebenarnya bisa mendatangkan manfaat lain selain keuntungan. Peluang untung yang bisa didapat dari memanfaatkan konsumen loyal bisa sangat besar. Caranya yaitu dengan mengadakan program referral. Konsumen loyal pasti akan bersedia mempromosikan produk yang digunakannya kepada orang lain. Konsumen yang sudah membagikan informasi juga akan mendapatkan imbalan dari brand berupa komisi.

Banyaknya jenis strategy marketing yang ada sekarang ini sebenarnya menjadi keuntungan bagi pebisnis yang akhirnya memiliki banyak pilihan cara untuk mengembangkan bisnis. Untuk hasil yang lebih baik, percayakan saja pada Ideoworks.

Anda mungkin juga menyukai: