Melanjutkan pendidikan lebih tinggi setelah SMA/SMK dan masuk kuliah desain yang berkaitan dengan ilmu komputer saat ini menjadi tren. Banyak lulusan SMA/SMK berniat masuk jurusan desain grafis, ilmu komputer, desain komunikasi visual, bahkan jurusan desain teknologi game.

Seiring peminat yang tinggi sekolah tinggi maupun Universitas mulai membuka jurusan yang berkaitan dengan desain ini, seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana atau STMIK IDS Digital College yang membuka jurusan terkait Mobile Apps & Games Development (MAG). 

Sekolah tinggi satu ini berfokus sebagai institusi pendidikan ilmu komputer yang menghasilkan gelar sarjana Strata 1 (S1) dengan mengusung pendekatan Real World Project sehingga lulusan S1 dari sekolah tinggi ini siap menghadapi tantangan karier.

Hal Penting Tentang Jurusan Teknologi Game

Kalau Anda tertarik masuk jurusan Teknologi Game, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai jurusan ini. Dengan mengetahui hal ini akan lebih siap untuk memasuki dunia perkuliahan jurusan ini. Mari simak yang berikut ini:

  1. Mempelajari Mengenai Perancangan Game

Program studi di jurusan teknologi game adalah mengenai perancangan game, mulai dari ide awal hingga game dapat diluncurkan baik di desktop ataupun mobile, tergantung dari rencana awal perancangan.

Anda akan diajarkan mulai dari merancang cerita game, sistem pelevelan, model karakter, membuat animasi, storyboard, user interface, hingga melakukan coding program. Selanjutnya, juga mengikuti proses produksi dan distribusi game.

kuliah desain
  1. Mempelajari Cara Membuat Animasi

Salah satu kunci dari pembuatan game adalah animasi, maka ketika kuliah desain game juga diajarkan mengenai bagaimana membuat animasi. Mulai dari membuat background hingga animasi karakter di dalam game. Akan diajarkan mengenai bagaimana menggunakan tools membuat animasi.

  1. Pembelajaran yang Sangat Dinamis

Pembelajaran di jurusan pengembangan game ini sangat dinamis karena proses perancangan game sangat bervariasi. Mulai dari perancangan cerita dan pelevelan dalam game, lalu pembuatan karakter, kemudian membuat animasi, lalu merancang user interface. Bahkan harus aktif dalam produksi dan distribusinya. Untuk satu game saja bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan hingga tahunan.

  1. Dunia Game Selalu Berkembang

Perkembangan dunia game memang sangat dinamis dan dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan. Jika dulu hanya bisa memainkan permainan dengan latar tidak bergerak hingga kini menampilkan background yang beraneka ragam. 

Selain itu, gameplay game juga terus berkembang. Jika dulu hanya menampilkan game seperti tetris dan yang simpel, sekarang ini game menampilkan gameplay yang sangat beragam seperti game war atau 5v5.

  1. Profesi yang Menjanjikan di Masa Depan

Meskipun masih banyak orangtua yang meragukan jurusan desain game dan menganggap jurusan ini hanya membuang uang dan waktu saja, tapi jika diseriusi jurusan ini dapat memberi kesempatan mendapatkan profesi dengan penghasilan besar.

Bertambahnya jumlah gamers membuat industri ini tidak akan mati dalam waktu dekat. Sekitar 10 atau 20 tahun lagi industri game masih akan tetap bertahan, bahkan semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi.

Masuk jurusan desain dan pengembangan game sangat menjanjikan, khususnya bagi orang-orang yang memang suka pada industri ini. STMIK IDS Digital College, salah satu sekolah tinggi yang menyediakan pilihan jurusan Mobile Apps & Games Development (MAG). Selain itu, juga terdapat berbagai pilihan jurusan termasuk peminatan pada Software Development (SD) dan Cyber Security (CS).

Dengan beragamnya pilihan jurusan, STMIK IDS Digital College menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin berkarier di industri game atau industri digital lainnya. Ingin kuliah desain atau ilmu komputer, harus persiapkan diri dari sekarang.

Anda mungkin juga menyukai: