Bisnis membutuhkan keuangan untuk berbagai tujuan berbeda, tetapi ada beberapa alasan umum mengapa bisnis mengajukan pendanaan. Alasan untuk pinjaman dana ini dapat mencakup untuk modal kerja, untuk membeli mesin, untuk mempekerjakan lebih banyak staf, atau bahkan membiayai kembali pinjaman yang ada untuk mengurangi biaya bulanan.

Survei yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa 44% bisnis UMKM mencari beberapa bentuk pendanaan eksternal dalam tiga tahun sebelumnya. Berikut ini adalah 3 alasan paling kuat mengapa sebagian besar bisnis mengajukan permohonan pendanaan.

pinjaman dana
pinjaman dana

Modal Kerja

Modal kerja yang cukup adalah aspek kunci dari kesehatan keuangan perusahaan manapun, dan tidak memiliki modal kerja yang cukup dapat berdampak serius pada masa depan bisnis Anda. Banyak bisnis memilih untuk mengajukan pendanaan eksternal guna menciptakan modal kerja yang cukup untuk memungkinkan mereka memenuhi ambisi pertumbuhan mereka.

Pinjaman dapat menutupi persyaratan pendanaan jangka pendek sambil memberikan bisnis uang yang dibutuhkannya untuk tumbuh. Atau dapat menjembatani kesenjangan antara pesanan pelanggan dan pembayaran kepada pemasok untuk membantu perusahaan memenuhi kewajiban pendanaannya.

Pendanaan modal kerja juga memungkinkan perusahaan Anda memanfaatkan peluang baru yang muncul, berinvestasi dalam produk atau layanan baru untuk memungkinkan Anda berkembang. Pinjaman modal kerja dapat memberikan “bantalan” yang berguna bagi perusahaan Anda jika Anda membutuhkan sedikit uang ekstra.

Anda akan tahu bahwa biaya operasional sehari-hari Anda ditutupi dengan pinjaman, sehingga Anda akan memiliki dana yang tersedia untuk memenuhi biaya tak terduga. Bisnis musiman dapat memperoleh keuntungan dari pendanaan modal kerja untuk menutupi pengeluaran dasar.

Pembelian Aset

Mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan seringkali mengharuskan Anda membeli aset seperti mesin atau kendaraan baru. Meskipun Anda mungkin memiliki cukup uang tunai untuk menutupi biaya modal kerja untuk perusahaan Anda, Anda mungkin mencari pinjaman dana untuk menutupi pembelian aset baru agar bisnis Anda berkembang. Pinjaman pendanaan aset adalah cara terbaik untuk membagi biaya perolehan aset baru yang mahal.

Pembayaran bulanan tetap dan jangka waktu pinjaman dari 6 bulan hingga 5 tahun dapat membantu Anda merencanakan arus kas di awal sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang Anda untuk berkembang.

Pinjaman pembelian aset dapat digunakan untuk membeli berbagai hal untuk bisnis Anda, tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi rencana ekspansi Anda. Dana dapat digunakan untuk kendaraan bisnis, apakah Anda ingin membeli kendaraan pertama perusahaan Anda atau ingin meningkatkan kapasitas dengan menambah armada yang ada.

Anda juga dapat menggunakan pinjaman untuk membeli peralatan kantor dan TIK untuk memastikan staf Anda memiliki semua yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis. Atau mesin baru untuk memungkinkan Anda membuat produk baru atau meningkatkan produksi sambil membagi biaya alih-alih membayar dalam jumlah besar di muka.

Memulai Sebuah Bisnis

Bisnis baru yang masih dalam tahap permulaan akan membutuhkan dana untuk memulainya, dan arus kas yang baik sangat penting untuk bisnis kecil. Sementara sebagian besar direktur akan menggunakan dana mereka sendiri untuk memulai bisnis, sangat sedikit yang berhasil mendanai sendiri perusahaan untuk profitabilitas, dan karena itu harus mencari pendanaan eksternal. 

Ada berbagai opsi untuk pendanaan awal eksternal, termasuk pinjaman dari bank, pinjaman dari keluarga dan teman, investasi ekuitas dari relasi bisnis, crowdfunding, dan hibah pendanaan. Pinjaman untuk memulai bisnis dapat digunakan untuk segala hal mulai dari membeli saham hingga pemasaran dan mempekerjakan staf. Tetapi pendanaan awal bisa jadi sulit didapat dan banyak penyedia keuangan tradisional akan membutuhkan banyak informasi, seperti rencana bisnis yang terperinci.

Dan untuk mendapatkan kemudahan pinjaman dana tersebut, Anda bisa mendapatkannya di BFI Finance. Anda bisa mengajukan pembiayaan untuk keperluan apapun cukup dari rumah Anda sendiri. Karena BFI Finance menyediakan fasilitas pinjaman secara online dengan plafon pinjaman hingga 80% dari nilai kendaraan yang dijaminkan.

Anda mungkin juga menyukai: